Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Sebagai salah satu masakan khas Indonesia yang kaya rempah, rendang sering dijadikan sebagai sajian spesial di rumah, seperti saat ada momen istimewa hingga hari raya. Nah, selain pakai daging sapi, Ibu juga bisa bikin rendang pakai daging ayam. Rasanya nggak kalah lezat dan harganya lebih terjangkau, lho. Lalu, apa rahasia yang bikin rendang ayam buatan restoran enak? Untuk menjawab pertanyaan Ibu, berikut ini Maggi bagikan cara membuat rendang ayam sendiri di rumah.

1. Pilih Jenis Ayam yang Tepat

Pilih Jenis Ayam yang Tepat

Kunci dari kelezatan rendang ada pada dagingnya yang empuk. Oleh karena itu, tips pertama adalah memilih jenis ayam yang tepat. Ibu sebenarnya bisa memakai jenis apa saja, baik ayam kampung, pejantan, maupun broiler. Berikut pertimbangannya:

  •  Kalau Ibu mau rendang ayamnya punya rasa lebih gurih, bumbunya lebih menyerap, dan teksturnya masih bagus, Ibu bisa memilih ayam kampung atau pejantan.
  •  Kalau Ibu mau pilihan yang lebih terjangkau dan ukuran ayamnya lebih besar, sehingga porsi yang dihasilkan pun lebih banyak, Ibu bisa memilih ayam broiler. Hal yang perlu diingat, perhatikan waktu memasaknya karena daging ayam broiler mudah hancur bila dimasak terlalu lama.

Jadi, sesuaikan dengan selera, porsi yang dibutuhkan, juga budget belanja ya, Bu.

2. Bersihkan Ayam dengan Benar

Bersihkan Ayam dengan Benar

Supaya ayam yang dimasak nggak mengeluarkan bau amis atau kurang sedap, Ibu perlu membersihkannya lebih dulu. Tapi, bukan dicuci pakai air mengalir ya, Bu. Mencuci daging ayam mentah dengan air justru akan meningkatkan risiko kontaminasi silang yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu membersihkan daging ayam dengan cara berikut:

  •  Cara pertama, Ibu bisa pakai tisu. Tisunya cukup ditekan-tekan di seluruh bagian ayam. Sebaiknya Ibu menggunakan tisu dapur karena teksturnya lebih kasar sehingga nggak menempel ke daging ayamnya.
  •  Cara kedua, Ibu juga bisa membersihkan ayam dengan merebusnya. Masak air hingga mendidih, lalu rebus ayam selama sekitar 1 menit. Setelah itu, buang air rebusannya dan Ibu siap untuk memasak.

Kedua tips ini bisa jadi cara membuat rendang ayam agar lebih lezat dan nggak bau amis.

3. Gunakan Kelapa Tua Sebagai Bahan Santan

Gunakan Kelapa Tua Sebagai Bahan Santan

Tips selanjutnya seputar cara membuat rendang ayam yang lezat adalah memperhatikan pilihan kelapa untuk santannya. Ketika membuat rendang, sebaiknya pilih kelapa yang sudah tua atau teksturnya agak keras. Hal ini dikarenakan kelapa tua bisa membuat rendang Ibu lebih juicy. Lalu, gimana caranya Ibu tahu kelapa yang sudah tua seperti apa? Ibu hanya perlu memperhatikan kulit kelapa dan memukul kelapanya. Jika teksturnya keras dan saat dipukul nyaring, artinya kelapa cukup tua.

Resep Rendang Ayam

Bikin rendang yang beda yuk, Bu! Kalau biasanya Ibu masak rendang pakai daging sapi atau kerbau, kali ini Ibu bisa coba bikin rendang pakai ayam. Harganya lebih terjangkau dan rasanya pasti nggak kalah lezat saat dikombinasikan dengan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Cobain resep masakan ayam ini yuk, Bu!

4. Gunakan Takaran Bumbu yang Tepat

 Gunakan Takaran Bumbu yang Tepat

Cara membuat rendang ayam selezat menu di restoran selanjutnya adalah menggunakan takaran bumbu yang pas. Artinya, Ibu perlu menyesuaikan takarannya supaya nggak terlalu banyak ataupun sedikit. Terutama untuk bumbu-bumbu beraroma atau berasa tajam. Misalnya, kalau Ibu terlalu banyak pakai kunyit, aroma rendangnya akan langu dan meninggalkan rasa getir atau pahit di lidah. Sementara kalau terlalu banyak jahe, aroma rendangnya akan menjadi terlalu kuat dan rasa pedasnya bisa lebih mendominasi daripada cabai. Jadi sesuaikan takaran dengan resep yang Ibu ikuti ya, supaya rasanya pas.

Nah, supaya rendang ayam Ibu lezatnya beda, Ibu juga bisa mengombinasikan bumbu halus untuk rendangnya dengan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dipakai masak rendang ayam, butiran granule-nya akan mengeluarkan rasa gurih dan aroma sedap secara perlahan sehingga bikin rendang ayam Ibu lezatnya beda.

5. Masak dengan Api Kecil

Masak dengan Api Kecil

Cara membuat rendang ayam yang lezat selanjutnya adalah masak pakai api kecil. Tujuannya agar bumbu rendang meresap sempurna ke dalam daging. Selain membantu bumbu meresap dengan baik, penggunaan api kecil juga bisa membuat tekstur daging nggak mudah hancur saat diaduk.

Itu tadi beberapa cara membuat rendang ayam lezat ala menu di restoran. Selain melakukan kelima cara di atas, jangan lupa untuk mengombinasikan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam dengan bumbu masaknya supaya rendang ayam Ibu lezatnya beda.

Semoga informasi tentang cara membuat rendang ayam di atas membantu ya, Bu!