Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Apakah Ibu suka menggoreng ikan sebagai menu makanan harian keluarga? Jika iya, pasti Ibu sudah tahu bahwa ketika menggoreng ikan, sering ada letupan-letupan mengagetkan yang keluar dari wajan. Selain mengagetkan, letupan ini sebenarnya juga bahaya Bu, karena dapat membuat kulit terluka akibat minyak panas. Nah, risiko ini bisa dihindari dengan mencari cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan tetap lezat. Berikut ini beberapa triknya, Bu!

1. Pilih Ikan Segar dan Bumbui Ikan dengan Baik

image

Cara menggoreng ikan agar tidak lengket tentu harus dipertimbangkan sejak pemilihan bahan makanannya, yaitu ikan segar. Secara sekilas, ikan yang segar dapat dilihat dari baunya yang nggak amis mengganggu, sisik atau kulitnya terang, dan matanya nggak keruh. Setelah memilih ikan, bersihkan sisik dan jeroannya, cuci dengan air mengalir, lalu diamkan dalam perasan lemon atau jeruk nipis selama beberapa menit. Setelah itu, baru deh, bersihkan dan bumbui dengan merata.

Kalau Ibu mau marinasi ikan, sebaiknya rendam ikan ke dalam bumbu selama 1-2 jam dalam wadah tertutup. Dengan begitu, bumbunya akan meresap sampai ke dagingnya. Lalu, saat marinasi, boleh dimasukkan ke kulkas nggak? Boleh saja, Bu. Tapi, sebaiknya simpan di rak kulkas biasa dan pastikan tutupnya benar-benar rapat supaya nggak mengontaminasi bahan makanan lainnya, ya.

Resep Pecak Ikan

Kalau Ibu suka masak ikan goreng, resep Pecak Ikan khas Betawi ini bisa jadi pilihan menu rumahan yang bisa dicoba di rumah. Ikannya sudah dibumbui dulu, sebelum digoreng, jadi lebih berasa. Lalu, ada siraman bumbu ulek kasar yang bikin gurihnya beda.

2. Gunakan Wajan Bersih dan Kering

image

 

Cara menggoreng ikan agar tidak lengket selanjutnya adalah pastikan Ibu menggunakan wajan yang bersih dan kering. Alasannya, ketika menggunakan wajan bekas, biasanya masih ada bahan masakan lain yang melekat ke wajan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan ikan jadi lengket ketika digoreng. Selain itu, pastikan juga wajan yang Ibu gunakan kering, karena air yang terkena minyak panas bisa membuatnya meletup saat dipanaskan. Solusinya, sebelum mulai menggoreng, lap wajan dengan kain bersih hingga benar-benar kering. Cara lainnya, Ibu juga bisa panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuangkan minyak goreng. Jadi, sudah pasti wajan benar-benar kering sebelum terkena minyak dan panasnya nanti lebih merata.

 

3. Gunakan Minyak Goreng Segar

image

Setelah memastikan wajannya bersih dan kering, cara menggoreng ikan agar tidak lengket selanjutnya adalah menggunakan minyak goreng segar. Kalau Ibu memakai minyak goreng bekas, sangat mungkin ada sisa aroma dan warna dari masakan sebelumnya yang menempel dan memengaruhi cita rasa ikan goreng Ibu. Selain itu, kalau ada sisa masakan sebelumnya yang ikut tergoreng, bisa ikut bikin ikannya lengket juga, lho.

 

4. Pastikan Minyak Benar-Benar Panas

image

Saat memasukkan ikan ke dalam wajan, pastikan bahwa minyak benar-benar panas. Jika memasukkan ikan ke dalam minyak yang belum panas, bisa membuat dagingnya jadi lengket hingga mudah hancur. Caranya, masukkan sepotong kecil ikan atau sedikit bumbu marinasi ke dalam minyak. Jika minyaknya langsung mendesis, itu tandanya sudah panas dan siap digunakan untuk menggoreng ikan.

Supaya minyaknya nggak meletup saat memasukkan ikan nanti, Ibu bisa melakukan beberapa trik. Misalnya, tuangkan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis. Ibu juga bisa menaburkan sedikit tepung terigu ke dalam minyak yang dipanaskan.

Nah, saat ikan digoreng, pastikan ikannya benar-benar sudah kering baru dibalik, ya. Dengan begitu, kulit ikan nggak akan menempel pada wajan.

Setelah pakai minyak goreng segar,

 

5. Gunakan Api Sedang 

image

Cara menggoreng ikan agar tidak lengket lainnya adalah menggunakan api sedang. Api yang terlalu besar bisa bikin ikan mudah gosong, sementara api kecil membuat ikan lebih lama matang dan kering. Trik selanjutnya, Ibu juga bisa balutkan sedikit tepung kering ke permukaan ikan. Cara ini bisa buat ikan supaya nggak mudah lengket dan membuatnya kulitnya lebih renyah.

Apakah Ibu tertarik untuk mencoba lima cara menggoreng ikan agar tidak lengket di atas? Nah, tips tambahan yang nggak boleh terlewat adalah menggunakan Maggi Saus Tiram, baik saat memasak maupun marinasi. Maggi Saus Tiram terbuat dari ekstrak tiram asli dan memberikan aroma khas tiram serta perpaduan rasa gurih dan manis yang seimbang tanpa membuat masakan ikan Ibu jadi amis. Nggak hanya itu, warnanya yang kecokelatan pun melekat dan meresap saat dipakai untuk marinasi. Dengan begitu, rasa ikan goreng Ibu gurih-manisnya beda. Selamat mencoba triknya, ya!