Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Apakah Ibu suka menyimpan sayuran di dalam kulkas untuk stok beberapa hari ke depan? Ini memang cara yang praktis, karena Ibu nggak perlu bolak-balik ke pasar atau pusat perbelanjaan untuk beli sayuran setiap hari. Nah, menyimpan sayuran juga ada triknya lho, karena meskipun disimpan di kulkas, sayurannya bisa tetap cepat layu bila cara menyimpannya kurang tepat. Oleh karena itu, cari tahu yuk, cara menyimpan bahan makanan di kulkas, terutama sayuran. Simak tips selengkapnya, ya!

1. Pilih Sayuran yang Masih Segar

Pilih Sayuran yang Masih Segar

Hal pertama yang perlu Ibu lakukan adalah memilih sayuran segar atau berkualitas saat di pasar atau di pusat perbelanjaan. Berikut caranya:

  •  Pilih yang warnanya cerah. Misalnya, untuk sayuran hijau, pilih yang warnanya hijau segar dan daunnya belum menguning.
  •  Pilih sayuran yang daun atau permukaan sayurnya nggak lembek, terutama untuk sayuran bertekstur cukup keras, seperti wortel atau mentimun. Ibu bisa menekan ringan untuk mengetahui hal ini.
  •  Untuk sayuran berbatang, pilih yang batangnya nggak terlihat layu. Cirinya, batang sayuran terlihat mudah dipatahkan.
  •  Terakhir, perhatikan keberadaan ulat. Untuk sayuran berdaun, keberadaan ulat bisa menjadi tanda bahwa sayurannya aman dari pestisida sehingga sebaiknya Ibu memilih sayuran ini. Sebaliknya, untuk sayuran berbentuk umbi-umbian, seperti wortel, lobak, atau singkong, sebaiknya pilih yang bebas lubang, karena sayuran umbi berlubang lebih mudah terkontaminasi bakteri.

2. Simpan di Bagian Kulkas yang Tepat

Simpan di Bagian Kulkas yang Tepat

Jika Ibu perhatikan, setiap bagian di kulkas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, cara menyimpan bahan makanan di kulkas pun perlu dipertimbangkan dari sisi rak penyimpanannya. Sayuran sendiri idealnya disimpan dalam rak paling bawah kulkas. Alasannya, rak kulkas di bagian ini lebih mampu mengontrol kelembapan sayuran, sehingga sayuran Ibu nggak mudah busuk. Bila disimpan dengan tepat, sayuran yang disimpan dalam kulkas dapat bertahan 3-5 hari.

3. Sesuaikan Jenis Sayuran dan Cara Penyimpanannya

Sesuaikan Jenis Sayuran dan Cara Penyimpanannya

Cara menyimpan bahan makanan di kulkas juga perlu disesuaikan dengan jenis sayurannya, Bu. Misalnya:

  •  Kalau Ibu membeli sawi putih atau sayuran lain yang mudah layu atau busuk, sebaiknya bungkus dengan tisu dapur atau kertas koran, lalu ikat dengan karet supaya kelembapannya terjaga. Setelah itu, masukkan ke dalam kotak berlubang atau kantong plastik yang telah dilubangi.
  •  Kalau Ibu mau menyimpan cabai di kulkas, sebaiknya bersihkan setiap batangnya dengan tisu, lepaskan tangkainya, lalu simpan ke dalam kotak kedap udara. Jangan lupa, alasi kotaknya dengan tisu dan tambahkan beberapa siung bawang putih kupas supaya cabai Ibu nggak mudah busuk.

Resep Tumis Kangkung Jambal Roti

Tumis Kangkung bisa jadi andalan saat Ibu bingung, "besok masak sayur apa, ya?" Bahkan, Ibu juga bisa memvariasikan Tumis Kangkung jadi menu yang nggak kalah lezat. Tambahan jambal roti yang gurih dan asin bikin sajian terasa lebih nikmat. Dicoba yuk, resepnya

4. Simpan Sayuran Dalam Bentuk Utuh

Simpan Sayuran Dalam Bentuk Utuh

Cara menyimpan bahan makanan di kulkas lainnya adalah simpan sayuran dalam bentuk utuh. Hindari memotong sayuran sebelum disimpan, karena hal ini bisa membuat sayurannya mudah kering dan busuk. Sebaiknya potong bagian akarnya saja agar sayuran tetap bersih. Setelah itu, simpan dalam wadah yang tepat dan sayuran pun akan lebih tahan lama disimpan di kulkas Ibu.

5. Pisahkan Penyimpanan Sayuran dan Buah-Buahan

Pisahkan Penyimpanan Sayuran dan Buah-Buahan

Tips selanjutnya adalah memisahkan lokasi penyimpanan sayuran dan buah-buahan dalam kulkas. Perlu Ibu ketahui bahwa buah-buahan dapat menghasilkan etilen atau zat yang dapat mempercepat kematangan sayuran. Oleh karena itu, jika buah disimpan bersamaan dengan sayuran, bisa membuat sayurannya lebih cepat mengalami proses pembusukan. Selain pisahkan dengan buah-buahan, sebaiknya sayuran juga nggak disimpan bersama bawang-bawangan ya, Bu.

Itu tadi beberapa cara menyimpan bahan makanan di kulkas, khususnya untuk sayuran. Sebagai tips tambahan, disarankan untuk menyimpan stok secukupnya, karena sayuran yang lebih segar tentu lebih lezat saat diolah jadi masakan ya, Bu.

Selain memilih sayuran yang kondisinya masih baik, masakan yang lezat juga bisa dibuat dengan mengombinasikan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam ke dalam masakannya. Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dimasak bersama sayuran, butiran granule-nya akan mengeluarkan aroma sedap dan gurih secara perlahan dan bikin masakan Ibu lezatnya beda. Nggak cuma itu, Ibu juga bisa memakai Maggi Magic Lezat untuk berbagai jenis metode memasak. Mulai dari rebus, tumis, hingga goreng. Semoga tipsnya bermanfaat!