Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Rahasia Ayam Tetap Lezat & Aman Dikonsumsi Meski Disimpan di Kulkas

Supaya daging ayam yang Ibu mau olah tetap lezat dan aman dikonsumsi mesti disimpan di kulkas berhari-hari, bahkan beberapa minggu, tentu cara menyimpan daging di kulkas harus diperhatikan. Yuk, simak selengkapnya.

  1. Pisahkan Sesuai Porsi Sekali Masak

Cara menyimpan daging di kulkas pertama yang perlu Ibu lakukan adalah memisahkan ayam sesuai porsi sekali masak. Misalnya, kalau Ibu sekali masak untuk tiga porsi, pisahkan 3-4 potong daging ayam dalam satu wadah. Jadi, saat akan memasak, Ibu nggak perlu mengeluarkan seluruh stok daging ayam untuk diambil sesuai kebutuhan. Selain memudahkan Ibu saat mengambil ayamnya nanti, cara ini juga menghindari perubahan suhu yang signifikan pada daging ayam.

 

  1. Simpan Dalam Wadah Kedap Udara

Tips selanjutnya, Ibu bisa menyimpan ayam di dalam wadah kedap udara. Ibu bisa pakai kantong plastik khusus makanan maupun stoples. Kenapa harus disimpan di dalam wadah kedap udara? Cara menyimpan daging di kulkas ini dilakukan supaya daging ayam nggak terkontaminasi bakteri atau kuman. Jadi, daging ayam di kulkas Ibu pun lebih terjaga kebersihan dan kesegarannya.

 

  1. Lakukan Proses Thawing

Apakah Ibu familier dengan istilah thawing? Simpelnya, thawing adalah proses menurunkan suhu makanan beku secara bertahap. Ini dilakukan supaya makanan beku yang dicairkan tetap aman dikonsumsi dan rasanya terjaga. Nah, proses thawing ini perlu dilakukan apabila stok daging ayam Ibu disimpan di freezer.

Ada beberapa cara thawing yang bisa Ibu lakukan. Pertama, keluarkan daging ayam dari freezer dan simpan di chiller (rak kulkas yang ada di bawah freezer). Proses thawing ini waktunya cukup panjang. Jadi, kalau mau diolah besok, Ibu bisa turunkan ayam dari freezer sejak malam harinya.

Cara kedua, kalau kulkas Ibu nggak dilengkapi chiller, rendam ayam dalam air dengan suhu ruangan. Proses thawing dengan cara ini bisa berlangsung lebih cepat. Triknya, ganti air setiap 20-30 menit sekali agar ayam lebih cepat mencair. Supaya terjaga kebersihannya, pastikan ayam tetap disimpan dalam wadah atau plastik kedap udara saat direndam ya, Bu.

Baca Juga: Tips Ungkep Ayam Jadi Beda dengan Maggi

  1. Perhatikan Durasi Penyimpanan

Cara menyimpan daging ayam di kulkas terakhir adalah memperhatikan durasi penyimpanan. Umumnya, daging ayam bisa disimpan di dalam freezer hingga empat bulan. Saat proses thawing, Ibu bisa menyimpan ayam di chiller hingga dua hari. Jadi, kalau Ibu menurunkan ayam dari freezer hari ini, dagingnya masih aman diolah hingga lusa.

Gimana Bu, triknya gampang dilakukan, kan? Yuk, pastikan Ibu menyimpan daging ayam dengan benar supaya tahan lama dan aman dikonsumsi. O iya, selain untuk ayam, cara menyimpan daging di kulkas ini juga bisa Ibu terapkan saat menyimpan daging sapi maupun kerbau, lho. Ibu juga bisa menerapkan tips ini untuk menyimpan daging ayam mentah maupun yang sudah diungkep. Lalu, supaya sajian ayam Ibu lezatnya beda, jangan lupa menambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam saat memasak, ya.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam dibuat dengan kandungan ayam dan rempah alam segar Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat Ibu memasak, butiran granule-nya akan mengeluarkan aroma sedap dan rasa gurih secara perlahan ke dalam masakan. Jadi, menu olahan ayam Ibu pun rasanya lebih gurih dan lezatnya beda.

Semoga tipsnya bermanfaat dan selamat mencoba cara menyimpan daging di kulkas ala Maggi, Bu!