Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Rahasia Bikin Kering Tempe Kriuk & Awet Disimpan

Tahukah, Ibu? Ada rahasia yang bikin kering tempe yang dimasak pakai Maggi Magic Lezat Rasa Ayam rasanya gurih, teksturnya tetap kriuk, nggak melempem meski disimpan berhari-hari, dan warnanya cantik sehingga menggugah selera. Yuk, simak trik dari Maggi berikut ini.

1. Gunakan Tempe Berkualitas Baik

Supaya kering tempe yang dimasak dengan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam lebih lezat, tentu Ibu harus pakai bahan berkualitas. Ciri tempe yang berkualitas baik adalah memiliki serabut berwarna putih, bukan abu-abu atau hitam. Selain itu, tempe yang masih segar umumnya terasa hangat saat disentuh dan beraroma kedelai. Untuk memastikan kesegaran bahan makanan ini, sebaiknya hindari memilih tempe yang berlendir maupun berubah warna ya, Bu.

2. Potong Tempe dengan Ukuran yang Sama

Saat memotong tempe pakai pisau, pasti ada saja yang ukuran atau panjangnya beda ya, Bu. Sebenarnya nggak masalah, asalkan perbedaannya nggak terlalu signifikan. Kenapa? Ukuran tempe yang serupa, baik tebal maupun panjangnya, bisa membantu Ibu saat memasak karena matangnya lebih merata. Jadi, nggak ada tuh, tempe yang masih setengah matang, sementara yang lainnya sudah mulai kematangan.

3. Pastikan Bumbu Kering Tempe Nggak Berair

Supaya tempenya tetap kriuk meski disimpan untuk beberapa kali waktu makan, bumbunya harus dimasak hingga nggak mengandung air. Misalnya, saat Ibu bikin Kering Tempe Kentang ala Maggi, Ibu perlu memasak bumbu halus, gula pasir, dan air asam jawa hingga mengental dan nggak bergelembung. Bila gelembung sudah hilang, tandanya bumbu yang dimasak sudah menjadi karamel, dan siap dimasukkan tempe juga bahan lainnya. Nah, inilah uniknya Maggi Magic Lezat Rasa Ayam karena Ibu bisa menambahkannya ke dalam bumbu dasar. Maggi Magic Lezat Rasa Ayam akan bercampur secara merata dengan bumbu lainnya untuk bikin kering tempe yang gurih dan sedap.

Baca Juga: Yuk, cobain resep Kering Tempe Kentang ala Maggi!

4. Pisahkan Hasil Masakan Dalam Dua Toples Berbeda

Setelah menerapkan tiga tips di atas, Ibu sudah bisa membuat kering tempe pakai Maggi Magic Lezat yang rasanya gurih dan teksturnya kriuk. Nah, supaya teksturnya tetap garing meski disimpan beberapa hari, sebaiknya Ibu memisahkan hasil masakan ke dalam dua toples berbeda. Toples pertama berisi kering tempe yang akan dihabiskan atau disimpan di meja makan. Nah, toples lainnya untuk stok kering tempe. Kenapa sebaiknya disimpan seperti itu?

Toples yang dibuka-tutup, akan lebih sering terkena udara. Hal ini mengurangi tekstur kriuk kering tempe. Jadi, supaya kualitas masakannya tetap baik saat Ibu memasak banyak, sebaiknya dipisah antara toples untuk makan dan stok yang disimpan.

Simpel kan, untuk bikin Kering Tempe yang kriuk? Nah, supaya masakan Ibu rasanya nggak hanya manis, tapi juga gurih dan sedap, jangan lupa tambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam ke dalam bumbunya, ya.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam mengandung ayam dan rempah segar pilihan yang terkunci dalam butiran granule. Nah, saat bumbu kering tempe ditumis, butiran granule-nya akan mengeluarkan rasa gurih dan aroma sedap secara perlahan. Hasil masakannya pas banget untuk dimakan dengan nasi hangat. Selamat mencoba ya, Bu!