Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Bu, kira-kira cemilan seperti apa yang disukai Si Kecil di rumah? Sebagian besar anak umumnya menyukai jenis cemilan yang digoreng, sedangkan gorengan sering dianggap sebagai makanan yang kurang sehat. Padahal, kalau Ibu menggoreng cemilan sendiri di rumah, Ibu bisa lho, bikin gorengan sebagai cemilan sehat untuk anak. Gimana caranya? Yuk, simak.

1. Gunakan Minyak Goreng Segar

image

 

Salah satu hal yang membuat gorengan kurang sehat adalah pilihan minyak yang digunakan, Bu.

Ketika membuat cemilan sehat untuk anak, sebaiknya gunakan minyak baru atau minyak goreng segar. Kenapa? Minyak goreng yang sudah dipakai memasak atau minyak jelantah kurang baik bagi kesehatan anak. Oleh karena itu, penting untuk Ibu menggunakan minyak segar atau baru saat menyiapkan cemilan gorengan untuk anak.

Selain itu, pilihlah minyak goreng yang titik asapnya tinggi, seperti minyak kelapa dan minyak sawit. Titik asap adalah suhu tertinggi minyak saat dipanaskan hingga mengeluarkan asap. Nah, semakin rendah titik asapnya, semakin cepat pula minyak mengalami perubahan aroma dan warna. Itulah kenapa titik asap yang tinggi juga jadi salah satu pertimbangan saat memilih minyak untuk menggoreng.

 

2. Jaga Suhu Minyak yang Digunakan

image

 

Suhu minyak juga dapat memengaruhi sehat atau nggaknya gorengan yang Ibu buat. Hindari menggunakan minyak goreng yang terlalu panas tapi juga jaga suhunya supaya tidak terlalu rendah. Alasannya, minyak yang terlalu panas dapat menghilangkan nutrisi pada makanan dan sulit untuk dicerna tubuh, sementara minyak yang kurang panas dapat membuat masakan menyerap minyak lebih banyak. Jadi, selain memastikan memakai minyak goreng segar untuk bikin cemilan sehat untuk anak, pastikan juga suhu minyaknya tepat ya, yaitu sekitar 150-170° Celsius.

 

Resep Ikan Gulung Telur

Ibu bingung bikin camilan untuk anak di rumah? Jangan khawatir, Bu! Maggi punya resep makanan enak Ikan Gulung Telur yang mudah dibuat dan bisa disimpan untuk hari-hari berikutnya. Yuk, coba ikuti langkahnya!

3. Tiriskan Gorengan Sebelum Dihidangkan

image

Agar gorengan yang dihidangkan untuk anak nggak terlalu berminyak, jangan lupa untuk meniriskannya sebelum dihidangkan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat peniris makanan atau meletakkan tisu kertas di piring supaya minyaknya terserap dengan baik. Alat peniris makanan dan tisu kertas ini bisa dengan mudah didapatkan di pasar, toko peralatan memasak, minimarket, maupun supermarket terdekat, Bu.

4. Gunakan Minyak yang Lebih Sehat

image

Sebagai alternatif, Ibu juga bisa menggunakan jenis minyak lain yang lebih sehat untuk bikincemilan anak. Misalnya, minyak kanola dan minyak zaitun.

Minyak kanola terbuat dari biji tanaman kanola yang nggak mengandung lemak trans dan kandungan minyak jenuhnya lebih rendah dibanding kelapa sawit. Selain itu, titik asapnya juga tinggi sehingga aman dipakai untuk menggoreng cemilan sehat untuk anak.

Nah, untuk minyak zaitun, sebaiknya pilih jenis classic, pure, atau extra light karena titik asapnya cukup tinggi dan dapat dipanaskan dalam waktu lama. Hindari menggunakan minyak zaitun jenis EVOO (extra virgin olive oil) untuk menggoreng ya, Bu. Jenis minyak zaitun satu ini titik asapnya yang rendah, sehingga lebih mudah rusak ketika dipanaskan.

Itu tadi cara-cara yang bisa Ibu lakukan saat masak gorengan sebagai cemilan sehat untuk anak. Tentunya, selain menyiapkan bahan makanan yang segar dan diolah dengan baik, rasa cemilannya pun harus enak. Untuk itu, Ibu bisa mengombinasikan bumbu yang dipakai untuk menggoreng cemilannya dengan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dipakai masak cemilan sehat untuk anak, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam akan memberikan rasa yang gurih dan bikin anak lebih lahap menikmati cemilannya.

Jadi, sudah siap untuk mencoba cara di atas dalam menyiapkan cemilan sehat untuk anak? Semoga tips di atas membantu, ya!