Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

5 Trik Bikin Siomay Bergizi untuk Anak

Siomay sering dianggap sebagai camilan mengenyangkan yang kurang bergizi buat anak. Padahal, Ibu bisa bikin siomay yang enak juga bergizi, dengan memakai Maggi bumbu penyedap dan bahan-bahan segar, lho. Gimana caranya? Simak trik berikut, Bu!

1. Tambahkan Ayam sebagai Bahan Utama Siomay

image

Kalau Ibu pernah mendengar siomay kurang bergizi dan hanya mengenyangkan, mungkin karena didominasi tepung-tepungan. Jadi, kalau Ibu mau bikin siomay yang enak dan bergizi, jadikan ayam sebagai bahan utamanya, dan tambahkan tepung hanya sebagai perekat adonan. Ayam sendiri merupakan salah satu sumber Protein Hewani, lho. Bingung cara bikinnya? Contek resep Siomay Ayam pakai Maggi bumbu penyedap, Bu. Perlu Ibu ketahui, seporsi Siomay Ayam ala Maggi mengandung 395 kalori, 35 gram Karbohidrat, 16 gram Protein, dan 20 gram lemak.

2. Gunakan Bahan yang Segar & Alat Masak yang Bersih

image

Supaya siomay lebih bergizi dan sehat, pastikan Ibu memilih ayam mentah yang segar, ya. Ayam yang segar biasanya berwarna putih-agak merah muda, dagingnya kenyal dan nggak mudah hancur, serta nggak berbau amis.

Selain memastikan ayamnya masih segar, pastikan juga alat masak yang dipakai terjaga kebersihannya. Misalnya, bila Ibu sudah pakai pisau dan talenan untuk memotong ayam, sebaiknya bersihkan terlebih dulu sebelum menggunakannya untuk bahan yang lain. Selain itu, Ibu juga bisa memisahkan talenan untuk daging-dagingan dengan sayuran dan bumbu. Ini bisa meminimalkan kontaminasi bakteri di masakan Ibu.

Siomay Ayam

Ibu tentu ingin bikin masakan bekal untuk anak sekolah yang sehat dan lezat. Sebagai inspirasi, kenapa nggak bikin Siomay Ayam? Resep siomay ala bumbu penyedap rasa Maggi ini pastinya enak, lebih sehat, dan rasanya gurih!

3. Tambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam pada Adonan

image

Nah, supaya rasanya lebih gurih dan aroma siomay ayam lebih sedap, tambahkan Maggi bumbu penyedap ke dalam adonan. Dengan kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam membuat rasa siomay lebih gurih dan aroma dari uapnya lebih sedap. Jadi, anak pasti suka dengan rasa dan aromanya.

4. Lengkapi dengan Telur rebus, Tahu, dan Sayuran Kukus

Nah, karena sudah punya siomay yang gurih dengan Maggi bumbu penyedap, Ibu juga bisa menambahkan telur rebus, tahu dan sayuran kukus sebagai pelengkap. Nutrisi dalam sayuran yang dikukus umumnya lebih terjaga dibanding sayuran yang ditumis atau direbus.

Sebagai rekomendasi, untuk jenis tahu, Ibu bisa pakai tahu putih atau tahu kulit, sementara untuk sayurannya bisa pakai kol, labu siam, atau pare. Ibu juga bisa memasukkan sayuran ke dalam adonan siomay, lho.

Baca Juga: Ada Sisa Sayuran Saat Masak? Yuk, Bikin Jadi Kaldu Sayur!

5. Sajikan Sesuai Porsi Anak

Terakhir, setelah bikin siomay yang gurih dengan Maggi bumbu penyedap dan ditambahkan sayuran kukus supaya lebih sehat, jangan lupa untuk disajikan sesuai porsi anak. Misalnya, Ibu bisa menyajikan dua buah siomay, setengah butir telur ayam rebus, sepotong tahu kukus, dan dua potong sayuran kukus. Dengan begitu, seporsi siomay yang disantap anak bisa membantu memberikan asupan gizi yang cukup dan seimbang.

Kelima trik di atas bisa diterapkan saat masak dan menyajikan siomay buatan Ibu di rumah. Apalagi, dengan tambahan Maggi bumbu penyedap pada adonan, Ibu bisa bikin masakan lebih gurih dan sedap. Semoga anak dan keluarga di rumah suka dengan siomay buatan Ibu, ya. Selamat mencoba tipsnya!