Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Sebagai salah satu bahan masakan yang mudah didapat sekaligus harganya terjangkau, tahu mungkin bisa menjadi salah satu andalan Ibu. Apalagi, tahu merupakan bahan makanan yang bisa disimpan lama.

Perlu Ibu ketahui bahwa tahu juga terdiri dari berbagai macam jenis, di antaranya adalah tahu putih, tahu sutera, tahu kuning, tahu pong, tahu air, dan tahu susu. Nah, supaya stok tahu yang sudah Ibu belanjakan di pasar nggak terbuang sia-sia, Ibu harus ketahui cara menyimpan tahu di kulkas. Gimana cara yang tepat? Yuk, simak, Bu!

1. Memilih Tahu Saat Berbelanja di Pasar

Memilih Tahu Saat Berbelanja di Pasar

Ketika mulai berbelanja, Ibu harus cermat dalam memilih tahu yang akan dibeli. Pilihlah tahu yang kondisinya baik dengan ciri-ciri berikut:

  • ¬†Teksturnya nggak kenyal, cukup padat, namun terasa lembut;
  • ¬†Aromanya seperti kedelai dan nggak asam;
  • ¬†Permukaannya nggak licin maupun berlendir. Jika menemukan tahu seperti ini, kemungkinan besar air rendamannya jarang diganti; dan

Kalau Ibu membeli tahu di supermarket, pastikan juga untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsa selain memperhatikan ketiga ciri di atas.

2. Bersihkan Tahu Segera Setelah Dibeli

Bersihkan Tahu Segera Setelah Dibeli

Mengingat tahu merupakan salah satu bahan makanan yang kualitasnya mudah berubah dalam hitungan jam, Ibu perlu sesegera mungkin membersihkan tahu setelah dibeli. Gunakan air yang mengalir perlahan untuk membersihkan tahu. Setelah itu, gosok perlahan permukaannya untuk membersihkan dari kemungkinan adanya kotoran ataupun lendir. Sebaiknya Ibu menggunakan air baru untuk merendam tahu. Air rendaman yang didapat saat membeli tahu kualitasnya sudah menurun dan bisa bikin tahunya cepat asam dan nggak tahan lama.

3. Kukus Tahu Terlebih Dahulu Sebelum Disimpan

Kukus Tahu Terlebih Dahulu Sebelum Disimpan

Tahukah, Ibu? Cara menyimpan tahu di kulkas lainnya yang bisa Ibu lakukan adalah mengukusnya terlebih dahulu. Jika tahu disimpan begitu saja dalam kondisi kering, maka proses fermentasi tahu tetap berlangsung. Jadi, meskipun tahu sudah dicuci bersih, tetap akan menjadi asam dan nggak layak untuk dikonsumsi dalam beberapa hari ke depan. Oleh karena itu, setelah dicuci, siapkan air bersih untuk mengukus tahu sebelum disimpan di kulkas ya, Bu. Ibu juga bisa menambahkan sedikit garam pada air kukusan dan tunggu sampai benar-benar mendidih. Dengan begitu, kandungan nutrisi pada tahu lebih terjaga.

Resep Tahu Bakso Kuah

Masak apa ya besok untuk bikin #CeritaNikmatnyaSahur jadi beda? Masakan berkuah seperti Tahu Bakso Kuah bisa jadi pilihan nih, Bu. Rasanya ringan dan kuahnya bisa bikin perut lebih nyaman saat sahur. Dicoba, yuk!

4. Simpan Tahu Dalam Wadah Kedap Udara

Simpan Tahu Dalam Wadah Kedap Udara

Cara menyimpan tahu di kulkas selanjutnya adalah menyimpan tahunya di dalam wadah kedap udara. Hal ini untuk mencegah kontaminasi dari makanan lain yang juga disimpan di dalam kulkas Ibu. Nah, meskipun sudah tertutup dan tersimpan dengan baik, selalu perhatikan kondisi tahu sebelum dimasak ya, Bu. Sebaiknya tahu yang sudah mulai berjamur atau berbau tak sedap nggak dikonsumsi walaupun telah disimpan dengan baik.

Nah, setelah memastikan tahu yang disimpan masih dalam kondisi baik saat akan dimasak, Ibu tinggal menyiapkan bahan-bahan lainnya. Supaya lezatnya beda, gunakan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam saat memasak tahu ya, Bu.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci di dalam butiran granule. Saat dipakai memasak, butiran granule-nya akan memberikan aroma sedap dan rasa gurih secara perlahan ke masakan tahu Ibu. Apalagi, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam memang tak hanya cocok dipakai untuk memasak ayam, tapi juga bahan-bahan lainnya, seperti tahu, tempe, bahkan sayuran.

Wah, sudah nggak sabar untuk mengolah tahu di rumah ya, Bu. Yuk, siap-siap buat belanja ke pasar dan lakukan cara menyimpan tahu di kulkas dengan benar seperti yang dijelaskan di atas. Lalu, jangan lupa stok Maggi di rumah untuk memasak tahunya, ya!