Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Setelah menyelesaikan aktivitas seharian, makan malam tentu menjadi salah satu momen yang paling ditunggu untuk kumpul keluarga. Selain penting untuk menciptakan momen hangat bersama keluarga, menu makan malam tentu saja harus yang bergizi supaya tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Nah, seperti apa menu makan malam sehat yang dimaksud? Yuk, cari tahu jawabannya dengan informasi di bawah ini, Bu!

Pentingnya Menu Makan Malam Sehat

Pentingnya Menu Makan Malam Sehat

Sebelum membahas lebih jauh soal kriteria menu makan malam sehat, Ibu juga perlu mengetahui pentingnya menyiapkan makan malam bagi kesehatan tubuh. Faktanya, makan malam merupakan asupan energi terakhir yang didapat oleh tubuh. Selama 10 jam atau lebih, tubuh nggak menerima asupan makanan hingga sarapan di keesokan harinya.

Oleh sebab itu, makan malam yang disantap keluarga sebaiknya bergizi sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi harian. Sebagai informasi tambahan, baiknya makan malam dilakukan paling lambat 3 jam sebelum tidur atau sekitar pukul 7 malam supaya perut tetap terasa nyaman saat beristirahat. Namun, waktu tepatnya kembali lagi dapat disesuaikan dengan jam tidur keluarga Ibu, ya.

Tips Menyiapkan Menu Makan Malam Sehat

Tips Menyiapkan Menu Makan Malam Sehat

Menyiapkan menu makan malam sehat sebenarnya nggak sulit kok, Bu. Bahkan, Ibu bisa memanfaatkan bahan makan yang biasa ada di dapur. Kuncinya adalah memerhatikan tiga poin penting berikut ini:

1. Bahan yang Digunakan Memenuhi Kebutuhan Gizi Seimbang

Dalam memenuhi kebutuhan gizi seimbang, Ibu dapat mengacu pada kampanye Isi Piringku yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, bahwa dalam seporsi makanan, terdapat:

 Makanan pokok sebagai sumber karbohidrat yang dapat berupa nasi, kentang, ubi, sagu, hingga produk olahan seperti pasta, mie, dan bihun. Jumlahnya ⅔ dari ½ piring makan atau sekitar 3 centong nasi;

  •  Lauk-pauk sebagai sumber protein yang terdiri dari protein nabati (tahu, tempe, dan kacang-kacangan) serta protein hewani (ikan dan hasil laut, ayam, daging sapi, telur, dll). Jumlahnya ⅓ dari ½ piring makan atau sekitar 2 potong ayam dan 2 potong tempe ukuran sedang;
  •  Buah-buahan sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat pangan. Jumlahnya ⅓ dari ½ piring makan atau sekitar 2 potong pepaya ukuran sedang; dan
  •  Sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral. Jumlahnya sama seperti makanan pokok, yaitu ⅔ dari ½ piring nasi atau sekitar 1 mangkuk sedang.

2. Pilih Makanan yang Mudah Dicerna

Tahukah Ibu bahwa 70 persen sistem imun tubuh ada pada saluran pencernaan? Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk Ibu dan keluarga mengonsumsi menu makan malam sehat dengan jumlah serat yang cukup agar mudah dicerna tubuh. Beberapa jenis makanan yang mudah dicerna di antaranya telur, sayuran yang dimasak, dan nasi putih. Hindari terlalu sering menyiapkan menu makan malam dari bahan makanan yang sulit dicerna seperti olahan daging merah, karedok atau olahan sayuran mentah lainnya, dan makanan berminyak karena akan memperberat kerja sistem pencernaan di malam hari. Apabila sistem pencernaan bekerja berat pada malam hari, kualitas tidur Ibu dan keluarga pun menjadi kurang optimal.

Resep Sayur Bayam ala Maggi

Sayur bayam memang pilihan pas saat Ibu perlu masak cepat dan mendadak. Selain lebih enak disajikan saat hangat, Maggi juga punya tips supaya nutrisinya nggak hilang lho, Bu

3. Hindari Makanan Berbumbu Tajam

Sebaiknya Ibu menghindari masakan yang berbumbu tajam atau terlalu pedas saat makan malam, ya. Makanan yang terlalu pedas atau berbumbu tajam bisa membuat perut terasa nggak nyaman bahkan memicu diare. Hal ini tentu bisa membuat tidur nggak nyenyak.

Itu tadi beberapa tips menyiapkan menu makan malam sehat yang dapat Ibu jadikan inspirasi. Selain memperhatikan ketiga cara di atas, tentu saja Ibu juga perlu memerhatikan rasanya saat menyiapkan makan malam. Pastikan makan malam yang Ibu siapkan tak hanya bergizi, tapi juga lezatnya beda. Oleh sebab itu, Ibu bisa memakan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam sebagai bumbu masaknya.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule dan bikin masakan Ibu lezatnya beda. Saat dipakai memasak makan malam, butiran granule-nya akan mengeluarkan aroma sedap dan rasa gurih secara perlahan. Selain itu, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam juga bisa dipakai untuk masak masakan selain ayam, seperti telur, tempe, tahu, bahkan sayuran. Pastinya, bahan apapun yang dipakai untuk masak makan malam, lezatnya jadi beda karena pakai Maggi Magic Lezat Rasa Ayam.

Yuk, kreasikan menu makan malam sehat dan lezat bersama Maggi!