Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Goreng tempe untuk bikin orek atau kering tempe kedengarannya mudah. Tapi sebenarnya ada tantangan tersendiri untuk membuat tempenya renyah dan kering sempurna. Supaya tetap enak meski disimpan beberapa hari ke depan, maupun sebagai menu masakan simple untuk bekal makan siang, berikut beberapa trik yang bisa Ibu lakukan.

1. Iris Tipis Tempe dengan Ukuran Konsisten

image

Untuk menghasilkan tekstur yang renyah, pastikan Ibu iris tempenya tipis-tipis. Alasannya, supaya lebih renyah meski disimpan beberapa hari. Selain itu, pastikan juga potongan tempenya konsisten ya, Bu. Kalau ada yang terlalu tipis dan tebal, hasil tempe gorengnya akan ada yang renyah dan melempem. Nggak cuma itu, ada juga kemungkinan tempenya nggak matang secara merata.

2. Goreng Tempe dengan Api Sedang

image

Agar tempe Ibu matang merata, sebaiknya goreng dengan api sedang. Namun, pastikan dulu minyaknya sudah cukup panas sebelum memasukkan tempe ke dalam wajan, ya. Cara mengetahuinya, perhatikan permukaan minyak. Jika sudah mulai muncul gelembung kecil, berarti minyak sudah cukup panas dan siap digunakan. Cara lainnya, Ibu bisa masukkan sepotong kecil tempe ke dalam wajan. Jika langsung mendesis, itu tandanya minyak sudah cukup panas.

3. Pastikan Tempe Terendam Seluruhnya Saat Digoreng

image

Jika minyak sudah panas, saatnya untuk mulai menggoreng! Pastikan Ibu menggunakan minyak goreng segar dan tempenya terendam minyak saat digoreng ya, Bu. Lalu, aduk tempe sesekali saat dimasak. Jadi, setiap sisi dari tempe akan matang secara merata. Setelah itu, tiriskan atau letakkan di atas tisu selama beberapa menit supaya tempenya nggak terlalu berminyak. Dengan begitu, tempe Ibu akan tetap renyah meski dimasak pagi hari sebagai masakan simple untuk bekal makan siang anggota keluarga.

Resep Kering Tempe ala Maggi

Kalau lagi bosan dengan tempe orek atau mendoan, Ibu juga bisa mengolahnya jadi makanan kriuk yang gurih seperti Kering Tempe ala Maggi. Pas banget buat disajikan dengan nasi hangat dan sayur bayam

4. Pastikan Bahan Lainnya Tercampur dengan Baik

image

Setelah tempe digoreng, saatnya untuk dikombinasikan dengan bahan lainnya. Misalnya, kalau Ibu mau bikin Kering Tempe ala Maggi sebagai masakan simple untuk bekal makan siang suami saat bekerja, Ibu perlu menyiapkan gula sebagai bahan pelengkapnya. Supaya kering tempenya tetap kriuk, Ibu harus memasak gula pasir dan air asam jawa hingga menjadi karamel dan nggak ada airnya lagi. Tandanya seperti apa? Gula karamel nggak akan lagi bergelembung, Bu. Setelah gelembungnya hilang, Ibu bisa memasukkan tempe gorengnya dan aduk secara cepat.

Nah, untuk memberikan kombinasi rasa gurih dan manis yang seimbang, jangan lupa tambahkan Maggi Saus Tiram ke dalam masakan tempe Ibu, ya. Maggi Saus Tiram terbuat dari ekstrak tiram asli dengan tekstur kental yang melekat ke setiap potongan tempe sehingga masakan Ibu gurih-manisnya beda. Warna Maggi Saus Tiram yang kecokelatan juga membuat masakan tempe Ibu terlihat lebih menggugah selera saat disajikan.

5. Simpan dalam wadah kedap udara

Terakhir, jika Ibu berencana untuk menyimpannya dalam kulkas atau dihidangkan sebagai menu masakan simple untuk bekal keluarga esok hari, sebaiknya pilih wadah kedap udara untuk menyimpannya supaya nggak cepat alot dan lebih awet disimpan. Kalau pakai trik ini, Ibu nggak perlu repot masak menu pelengkap lain selama beberapa hari ke depan, deh.

Baca Juga: Inspirasi Olahan Tempe untuk Hari Spesial

Gimana, tipsnya gampang diterapkan saat bikin masakan simple untuk bekal makan siang anggota keluarga, kan? Jangan lupa untuk selalu pakai Maggi Saus Tiram untuk bikin masakan tempe Ibu gurih dan manisnya beda, ya. Selamat mencoba, Bu.