Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Rahasia Agar Sayuran Tetap Bergizi Saat Dimasak

Sayuran biasanya jadi pilihan utama untuk memasak resep makanan sehat. Selain harganya cukup terjangkau, pilihannya juga sangat bervariasi dan mudah didapat di pasar. Nah, supaya zat gizi dalam sayuran nggak hilang saat dikonsumsi, cara mengolahnya harus benar. Yuk, cari tahu rahasia bikin masakan sayur yang lezat dan zat gizinya tetap terjaga.

1. Cuci Sayuran di Air Mengalir

Hal pertama yang perlu Ibu perhatikan saat memasak sayuran tentu saja mencucinya terlebih dulu. Jadi, bakteri, kuman, dan pestisida yang menempel bisa hilang, deh. Supaya zat gizinya tetap terjaga, sebelum dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, sebaiknya cuci sayuran dengan air mengalir. Kenapa? Ini supaya vitamin yang larut dalam air, seperti Vitamin C, nggak ikut hilang.

2. Pilih Cara Memasak yang Lebih Sehat

Ada tiga cara memasak sayuran yang efektif untuk menjaga zat gizi di dalamnya. Pertama, mengukus. Saat dikukus, sayuran nggak terendam langsung dalam air. Jadi, zat gizi di dalamnya tetap terjaga dan nggak larut dalam air.

Kedua, direbus. Merebus sayuran untuk berbagai masakan seperti sayur bayam, sayur asem, atau sup ayam, bisa menjadi cara memasak yang sehat, terutama jika Ibu merebusnya dengan waktu yang tepat sehingga sayurannya nggak layu. Cara lainnya adalah menumis. Kenapa? Soalnya, resep makanan sehat dari sayuran yang proses memasaknya ditumis umumnya dimasak dalam waktu singkat. Jadi, proses pemanasan sayurannya nggak terlalu lama.

3. Perhatikan Durasi Memasak

Selain memperhatikan cara memasaknya, Ibu juga perlu mengecek durasi masaknya. Kalau dimasak terlalu lama, zat gizinya bisa berkurang bahkan hilang, Bu. Oleh karena itu, saat memasak resep makanan sehat pakai sayur, perhatikan durasinya. Misalnya, saat menumis, sayuran cukup dimasak 2-3 menit. Selain itu, Ibu juga bisa lihat dari warna dan tekstur sayuran. Segera angkat jika warnanya mulai berubah atau terlihat layu.

4. Cek Urutan Memasukkan Sayuran ke Panci atau Wajan

Pernahkah Ibu bikin capcay atau sup, dan kematangan sayuran di dalamnya berbeda-beda? Misalnya, ada yang terasa pas, ada juga yang terlalu matang. Nah, ini bisa terjadi bila urutan memasukkan sayurannya kurang tepat. Oleh karena itu, lebih baik masukkan sayuran terakhir biar nggak cepat layu. Ibu juga bisa memasukkan sayuran umbi-umbian seperti kentang dan wortel terlebih dulu, karena biasanya butuh waktu lebih lama untuk lebih empuk.

Selain itu, Ibu juga bisa memasukkan sayuran ke wajan atau panci saat air sudah benar-benar mendidih. Jadi, sayurannya lebih cepat matang dan bisa langsung diangkat.

5. Konsumsi Segera Setelah Dimasak

Setelah masakan jadi, segera konsumsi masakan Ibu, ya. Jadi, zat gizinya masih terjaga. Minimalkan proses menghangatkan kembali sayuran supaya gizinya nggak berkurang. Maka dari itu, sebaiknya Ibu masak resep makanan sehat dengan porsi yang pas untuk sekali makan anggota keluarga di rumah.

Baca Juga: Cuaca Sedang Dingin? Coba Bikin Sup Jagung Serabut Telur, Yuk!

Nah, supaya resep makanan sehat dari sayur yang dimasak nggak hanya terjaga gizinya, tapi juga lezat, Ibu bisa menambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam ke dalam olahan sayur. Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dimasak bersama olahan sayur, butiran granule-nya akan mengeluarkan rasa gurih dan aroma sedap secara perlahan sehingga masakan Ibu pun lezatnya beda. Nggak cuma itu, cara memasak sayur pakai Maggi Magic Lezat juga bisa bervariasi, lho. Mulai dari direbus, dikukus, hingga ditumis. Selamat mencoba tips masak sayuran dari Maggi, Bu!