Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Selain tampilan dan aroma, rasa masakan tentu jadi faktor penting dalam menyiapkan masakan keluarga. Nah, salah satu kunci kelezatan pada masakan ada pada bumbunya. Bumbu masak nggak hanya bisa memberikan aroma yang khas, tapi juga menghasilkan cita rasa masakan yang lebih lebih kuat. Khususnya ketika buat masakan khas Indonesia, ada banyak bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai penguat rasa makanan. Apa sajakah itu?

1. Kemangi

image

 

Pasti Ibu sudah nggak asing lagi dengan bumbu atau rempah khas Indonesia yang satu ini. Nggak hanya memberikan aroma harum pada masakan, kemangi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis saat masak. Oleh karena itu, cocok banget digunakan ketika Ibu masak seafood atau ikan, seperti Pepes Ikan Tongkol ala Maggi. Selain itu, kemangi juga memberikan cita rasa khas pada masakan Indonesia. Misalnya, saat dipakai untuk memasak bumbu woku khas Manado, kemangi memberikan aroma harum yang khas dan berpadu dengan cita rasa pedas pada masakan Ibu.

Selain bisa menjadi bumbu masak, kemangi juga bisa digunakan sebagai bahan sambal kecap. Jadi, satu bahan dapur bisa digunakan untuk berbagai keperluan masak sekaligus.

2. Bawang Putih

 

image

Hampir semua hidangan Indonesia membutuhkan campuran bawang putih sebagai penguat rasa makanan. Ini dikarenakan bawang putih memiliki rasa yang kuat, sehingga dapat mengeluarkan rasa alami pada menu masakan Ibu. Selain masakan Indonesia, masakan oriental juga termasuk sajian yang sering menggunakan bawang putih, seperti kailan cah jamur atau cah sayur lainnya, kwetiau atau mie goreng, dan kungpao. Oleh karena itu, bawang putih sebaiknya selalu ada dalam lemari dapur Ibu agar bisa memperkaya cita rasa masakan secara alami.

3. Terasi

image

terasi menjadi salah satu bumbu penguat rasa makanan yang nggak boleh ketinggalan saat bikin sambal maupun masakan tumis. Terbuat dari udang, terasi memiliki rasa dan aroma khas yang menggugah selera. Oleh karena itu, jenis bumbu dapur ini sering digunakan sebagai penyedap rasa alami untuk berbagai jenis masakan, mulai dari sambal, tumis kangkung, ayam goreng, hingga pecak ikan. Proses mengolahnya pun sederhana, tinggal dihaluskan bersama dengan bumbu lainnya sebelum ditambahkan ke dalam masakan. Terasi juga bisa dimasukkan mentah maupun digoreng atau dipanggang terlebih dulu. Biasanya, terasi yang digoreng atau dipanggang aromanya akan lebih keluar.

 

Resep Ayam Goreng Terasi

Ternyata, untuk bikin masakan ayam goreng rumahan yang lezat dan gurih, bumbunya simpel banget! Ibu cukup menambahkan terasi dan Maggi Magic Lezat Ayam. Contek resepnya di bawah ini!

4. Cabai

image

Terakhir, bahan penguat rasa makanan yang wajib selalu ada di dapur adalah cabai. Selain memberikan rasa pedas pada masakan, cabai juga bisa digunakan untuk memberi warna pada makanan agar lebih menarik. Cabai bisa digunakan sebagai bahan sambal, balado, nasi goreng, mie, dan masih banyak lagi.

Jadi, apakah Ibu selalu menyimpan keempat bumbu penguat rasa makanan di atas? Selain memakai keempat bumbu dapur di atas, Ibu juga bisa memadukannya dengan bumbu masak seperti Maggi Saus Tiram supaya rasa masakannya lebih lezat.

Maggi Saus Tiram terbuat dari ekstrak tiram asli yang memberikan perpaduan rasa gurih dan manis yang seimbang tanpa bikin masakan Ibu amis. Saat dipakai memasak bersama bumbu penguat rasa makanan di atas, Maggi Saus Tiram akan membantu bikin masakan Ibu punya cita rasa gurih manis yang beda. Warnanya yang kecokelatan juga akan melekat ke masakan sehingga lebih menggugah selera anggota keluarga di rumah. Jadi, selamat memasak ya, Bu!

 

Inspirasi Masakan Kaya Rasa & Aroma untuk Ibu