Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Tofu merupakan bahan masakan yang banyak dipilih Ibu karena memiliki rasa lezat dan tekstur yang lembut. Tantangannya, tekstur tofu yang lembut ini rentan hancur saat dimasak. Tapi, jangan sampai hal ini menghambat Ibu buat masak jadi beda pakai tofu. Berikut ini trik yang bisa diperhatikan agar tofu nggak gampang hancur saat dimasak!

Kenali Perbedaan Tahu Biasa dan Tofu

Sebelum bahas lebih lanjut soal tips masak jadi beda pakai tofu, Ibu perlu mengenali perbedaan tofu dan tahu biasa yang sering dijumpai di pasar. Nah, perlu Ibu tahu bahwa istilah tofu di luar negeri umumnya dipakai untuk menyebut hampir semua jenis tahu. Sementara, di Indonesia sendiri istilah tofu lebih umum dipakai untuk tahu yang bertekstur lembut dan punya berbagai varian rasa. Iya, Bu, meski sama-sama terbuat dari bahan kedelai, tofu punya tekstur sangat lembut sehingga mudah hancur, sementara tahu biasa teksturnya lebih padat dan keras. Dari tampilannya, tofu sendiri terlihat agak mengkilap dengan warna putih kekuningan, dan terlihat cantik saat dimasak. Kalau tahu biasa, umumnya berwarna putih dan nggak mengkilap.

4 Tips Agar Tofu Tidak Mudah Hancur dan Lezat Saat Dimasak

Setelah mengetahui perbedaannya, sekarang Ibu juga perlu tahu gimana cara mengolah tofu supaya masak jadi beda  dan nggak mudah hancur. Berikut ini caranya!

1. Pilih Jenis Tofu Sesuai Selera

image

Ada beberapa varian tofu yang dijual di pasaran, di antaranya adalah tofu original, tofu udang, tofu ayam, dan masih banyak lagi. Nah, kalau Ibu ingin bereksperimen dengan bumbu masakan, sebaiknya pilih tofu original supaya rasanya nggak bertabrakan dengan rasa tofu itu sendiri. Kalau mau bikin sapo tahu seafood, Ibu bisa pilih tofu udang supaya masak jadi beda dan pastinya lezat.

2. Pilih Tofu yang Masih Bagus

Setelah menentukan variannya, Ibu perlu memilih tofu yang masih bagus. Kalau tofunya tersegel rapi di dalam kemasan, Ibu bisa cek tanggal kedaluwarsanya. Selain itu, tofu yang segar umumnya nggak terlihat berlendir. Tofu yang sudah berlendir atau melewati tanggal kedaluwarsa pasti sudah nggak bisa dijamin kesegarannya. Selain dari kedua hal tersebut, Ibu juga bisa melihat warna air rendamannya. Pastikan warna airnya masih bersih alias nggak keruh kekuningan maupun kehitaman, ya.

Resep Sapo Tahu Seafood

Sapo Tahu menjadi salah satu menu oriental favorit di restoran. Jadi, kenapa nggak coba bikin sendiri di rumah dengan bahan sesuai budget belanja Ibu. Nggak ada ayam? Nggak masalah, kok. Ibu cukup pakai sayuran dan jamur. Supaya rasa gurih-manisnya beda, tambahkan Maggi Saus Tiram dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Yuk, cek resepnya di bawah!

3. Potong Tofu dengan Benar

Tofu yang dijual di pasar atau supermarket biasanya dikemas dalam plastik tebal. Nah, teknik dasar dalam memotong tofu agar nggak mudah hancur adalah merendam tofu beserta kemasannya dalam air hangat selama beberapa menit. Tujuannya agar tofu mudah dikeluarkan.

image

Mengeluarkan tofu dari kemasan juga perlu hati-hati. Potong tofu melintang pada bagian tengah kemasan menggunakan pisau tajam, kemudian dorong tofu dari ujung plastik hingga keluar. Setelahnya, potong tofu dengan ketebalan sekitar 1-2 cm. Potongan yang terlalu tipis bisa buat tofu jadi lebih mudah hancur saat dimasak. Jadi, lebih baik potong agak tebal, ya.

4. Goreng Tofu Sebelum Dicampur Bumbu

image

Kalau Ibu berencana bikin gorengan atau tumisan pakai tofu, sebelum menumisnya dengan bumbu, sebaiknya goreng terlebih dahulu sehingga nggak mudah hancur saat dioseng dalam wajan. Pastikan minyak gorengnya sangat panas dan goreng tofu dalam jumlah sedikit-sedikit, ya. Tofu yang digoreng saat minyak belum begitu panas akan menyerap lebih banyak minyak. Ini bisa bikin tofunya lembap dan mudah hancur, juga mengerut saat diangkat. Selain itu, tofu sebaiknya dimasak dalam jumlah sedikit sehingga suhu minyaknya tetap terjaga.

Nah, supaya masak jadi beda, Ibu juga bisa campurkan maizena sehingga teksturnya lebih keras dan renyah pada bagian luar. Jika sudah benar-benar matang pada satu sisi, baru dibalik. Setelah digoreng, barulah bisa Ibu masak dengan bahan lainnya.

Ternyata, nggak sulit bukan untuk masak jadi beda dengan bahan tofu? Selain memastikan tofu nggak mudah hancur, Ibu juga perlu memperhatikan bumbu masaknya agar terasa lebih lezat. Misalnya, pakai Maggi Saus Tiram.

Maggi Saus Tiram terbuat dari ekstrak tiram asli yang memberikan aroma khas tiram serta perpaduan rasa gurih dan masih seimbang, tanpa bikin masakan amis. Warnanya yang kecokelatan juga melekat ke dalam masakan tofu Ibu, sehingga lebih menggugah selera. Masak tofu pakai Maggi Saus Tiram pun gurih-manisnya jadi beda. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.