Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Ibu tentu ingin anak makan makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya. Buat menambah nafsu makan anak, Ibu bisa lho, berkreasi bikin hidangan yang menggugah selera dengan bahan makanan sehat yang ada di rumah. Intip yuk, tips kreasi resep makanan sehat untuk anak supaya dia nggak bosan dan mau menghabiskan makanannya!

1. Hidangkan Makanan dengan Warna Menarik

banner

Anak cenderung lebih suka makanan yang berwarna-warni di dalam satu piring. Makanya, Ibu bisa memasak beberapa jenis makanan dengan warna yang berbeda-beda. Susun makanan di dalam satu piring supaya makin menarik. Selain bikin anak makin semangat, makanan dengan warna beragam juga bantu mencukupi kebutuhan gizi seimbang, lho.

Contohnya, siapkan wortel yang mengandung betakaroten, tomat yang mengandung antioksidan dan vitamin C, jagung yang mengandung vitamin B, telur yang kaya protein, dan ikan tuna yang mengandung omega 3 dalam satu hidangan. Cara masaknya bisa direbus, dikukus, dipanggang, maupun ditumis.

2. Gunakan Cetakan Makanan dan Susun supaya Menarik

banner

Anak juga suka makanan yang berbentuk unik, misalnya berbentuk karakter lucu atau simbol-simbol unik. Nah, Ibu bisa pakai cetakan makanan buat bikin sepiring resep makanan sehat untuk anak yang menarik untuk anak-anak. Misalnya, cetakan untuk nasi, cetakan wajah karakter untuk roti lapis, atau cetakan untuk memasak telur mata sapi. Buat Ibu yang nggak punya cetakan, bisa dibentuk sendiri dengan pisau, ya! Setelah itu, kasih wajah pada karakter binatang dengan memanfaatkan bahan yang ada seperti rumput laut, wortel, atau saus. Melihat sajian yang lucu dan menarik, anak pasti makin semangat makan.

Resep Nasi Tahu Jamur

Bikin rice bowl sendiri di rumah untuk menu makan siang sehat yuk, Bu. Pastinya bahan yang digunakan harganya terjangkau dan rasanya lezat. Simak inspirasi dari Maggi di bawah ini, ya.

3. Tambahkan Topping yang Disukai Anak

banner

Anak juga biasanya suka menikmati topping makanannya, Bu. Alasannya banyak, mulai dari rasanya yang enak, teksturnya yang menarik, hingga warnanya yang cantik. Makanya, Ibu bisa menyajikan resep makanan sehat untuk anak dengan topping yang disukai anak-anak, seperti keju, saus tomat, atau mayones. Namun, pastikan jumlahnya nggak berlebihan supaya tetap sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang, ya.

4. Ajak Anak Ikut Serta Menyiapkan Makanannya Sendiri

banner

Mengajak anak ikut menyiapkan makanannya sendiri bisa bikin ia tambah semangat makan, lho! Libatkan anak saat mengaduk adonan atau membuat bentuk mata dengan tomat atau wortel di atas telur dadar. Kegiatan sederhana ini bisa meningkatkan keakraban Ibu dan anak, serta membuatnya lebih kreatif.

5. Nggak Hanya Kelihatan Cantik, Pastikan Rasanya Juga Lezat

banner

Pastikan makanan buatan Ibu nggak cuma kelihatan cantik dan kreatif, tapi rasanya juga harus lezat supaya anak lebih lahap makannya. Sesuaikan kadar bumbu dengan resep yang Ibu ikuti. Lalu, jangan lupa tambahkan Maggi Saus Tiram untuk berikan rasa yang gurih dan manis dengan warna yang menggugah selera.

Maggi Saus Tiram terbuat dari ekstrak tiram pilihan yang memberikan rasa gurih dan manis tanpa bikin masakan Ibu jadi amis. Warnanya yang kecokelatan juga melekat ke dalam resep makanan sehat untuk anak yang Ibu coba, sehingga lebih menggugah selera. Apalagi, Maggi Saus Tiram juga nggak hanya cocok untuk masak seafood, tapi juga sayuran, telur, ikan, bahkan tahu dan tempe. Ibu bisa mendapatkan Maggi Saus Tiram kemasan botol maupun sachet di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, juga di pasar terdekat.

Ternyata, kreasi resep makanan sehat untuk anak seru buat dilakukan, ya. Yuk, langsung praktikkan di rumah supaya anak makin happy!