Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Saat ini memang banyak kulit pangsit yang dijual untuk bikin berbagai masakan hari libur, baik untuk sarapan atau waktu makan lainnya. Nah, kalau ada momen spesial, tentu lebih lezat kalau kulit pangsitnya bikin sendiri atau bersama anggota keluarga. Nggak susah kok, Bu! Berikut tips yang bisa dilakukan supaya kulit pangsitnya lezat dan nggak robek saat dimasak, sehingga tetap menarik ketika disajikan di hari spesial.

1. Pastikan Rasa Kulit Pangsit Nggak Tawar

image

Rasa kulit pangsit memang umumnya tawar. Biasanya, setelah digoreng barulah pangsit akan ditaburkan garam dan saus agar terasa gurih. Meski begitu, Ibu juga bisa menambahkan sedikit garam pada adonan agar kulit pangsit nggak terlalu hambar. Pastikan garam tercampur sempurna dalam adonan agar ketika digoreng rasa asinnya merata.

 

2. Uleni Adonan Pangsit Hingga Kalis

image

Pangsit cocok banget dihidangkan sebagai masakan hari libur. Nah, salah satu kunci agar adonan pangsit nggak cepat robek saat dimasak adalah diuleni hingga kalis dan nggak ada bagian yang menggumpal lagi. Saat menguleni adonan, Ibu bisa tuangkan air sedikit demi sedikit, supaya adonannya nggak terlalu lembek dan mudah robek.

3. Diamkan Adonan Selama Beberapa Menit 

image

Setelah membuat adonan pangsit, sebaiknya diamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 10-20 menit. Tujuannya agar adonan kulit nggak keras, sehingga lebih mudah dibentuk dan nggak gampang robek. Namun, pastikan adonan pangsit dibentuk menjadi bulat sebelum disimpan ya, Bu.

4. Pastikan Penggiling dan Meja Nggak Lengket

image

Setelah adonan jadi dan didiamkan selama beberapa menit, saatnya untuk mulai menggiling dan mencetak kulit pangsit. Caranya, Ibu perlu bagi adonan menjadi beberapa bulatan kecil, lalu giling hingga tipis. Pada proses penggilingan manual ini, kulit pangsit seringkali robek karena alat penggiling dan meja lengket. Oleh karena itu, Ibu disarankan untuk menaburkan tepung terigu pada alat penggiling adonan dan meja supaya nggak lengket.

 

5. Isi Adonan Pangsit Nggak Terlalu Basah

image

Setelah adonan pangsit selesai digiling, Ibu juga perlu diperhatikan agar isi adonan nggak terlalu basah. Hal ini dikarenakan isian yang terlalu banyak dan basah bisa membuat kulit pangsit jadi lebih mudah robek karena penuh dan sulit untuk dibentuk. Oleh karena itu, saat membuat isi pangsit, sebaiknya tuangkan air sedikit-sedikit ya, Bu.

Resep Dimsum Ayam

Dengan porsi yang kecil dan sekali gigit, dimsum ayam memang pas jadi sajian saat sarapan atau ngemil sebelum makan siang. Saat seluruh anggota keluarga sedang di rumah, yuk, coba buat sendiri resep makanan sehat dan bergizi satu ini.

6. Hindari Menumpuk Pangsit yang Sudah Dibentuk

image

Selain proses pembuatan kulit pangsit, cara menyimpannya menu yang cocok sebagai masakan hari libur ini pun perlu diperhatikan. Simpan dalam wadah tertutup dan jangan meletakan pangsit secara menumpuk karena bisa buat kulitnya menempel satu sama lain. Alhasil ketika digoreng atau dipanaskan, kulit pangsit jadi lebih mudah robek.

Ternyata nggak susah ya, Bu untuk buat kulit pangsit yang lezat dan nggak mudah robek sebagai menu masakan hari libur. Nah, supaya pangsit Ibu nanti tetap lezat saat disantap bareng keluarga, pastikan pakai Maggi Magic Lezat Rasa Ayam saat memasak, ya.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Rasa gurih dalam butiran granule ini akan meresap ke dalam masakan dan bisa dipakai dalam berbagai bahan menu pangsit untuk masakan hari libur Ibu. Mulai dari isian pangsitnya, bumbu tumisannya, sausnya, bahkan kuah untuk pangsit. Ibu tinggal pilih metode masak sesuai selera dan tambahkan Maggi Magic Lezat supaya lezatnya beda!

Semoga enam tips membuat kulit pangsit di atas dapat membantu Ibu menciptakan hidangan masakan hari libur yang spesial untuk keluarga.