Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Trik Menyimpan Bawang Agar Tak Cepat Busuk

Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay adalah bumbu dasar masakan yang wajib ada di dapur Ibu. Oleh sebab itu, Ibu mungkin nggak akan lupa menyimpan stok dengan jumlah lumayan banyak di rumah, terutama saat harganya sedang turun dan jadi lebih murah. Agar bawang di rumah Ibu nggak cepat busuk dan tetap mengeluarkan aroma khas ketika dimasak, Ibu perlu menyimpannya dengan benar. Yuk, simak tips menyimpan bawang dari Maggi.

 

1. Pisahkan Wadah Penyimpanan Bawang Sesuai Jenisnya

Trik pertama dari Maggi adalah simpan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay di wadah berbeda. Kenapa? Soalnya, setiap jenis bawang mengeluarkan jenis gas berbeda dan bisa mempercepat pembusukan satu sama lain. Jadi, Ibu bisa menyiapkan tiga wadah untuk masing-masing jenis bawang. Kalau Ibu menyimpan bawang dalam keadaan utuh dan belum dikupas, sebaiknya simpan dalam wadah terbuka dan kering di suhu ruang. Khusus untuk bawang merah, pastikan disimpan dalam keadaan kering ya, Bu. Caranya, Ibu bisa menjemurnya terlebih dulu di bawah sinar matahari untuk beberapa saat sebelum disimpan di wadah.

 

2. Letakkan Wadah Bawang Jauh dari Buah

Tahukah, Ibu? Bawang-bawangan termasuk ke dalam jenis sayuran, lho. Oleh sebab itu, sebaiknya nggak disimpan berdekatan apalagi bercampur dengan buah-buahan. Saat disimpan, buah mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan sayuran, sehingga bisa bikin bawang Ibu cepat busuk.

 

3. Simpan Bawang yang Sudah Dikupas di Kulkas

Cara menyimpan bawang yang sudah dikupas dan belum dikupas berbeda, Bu. Kalau bawang yang belum dikupas perlu disimpan di wadah terbuka yang kering dalam suhu ruang, bawang kupas justru mesti disimpan di kulkas supaya lebih awet. Setelah dikupas, bawang bisa langsung disimpan di dalam wadah tertutup tanpa dicuci terlebih dulu.

Umumnya, bawang kupas akan bertahan 2-3 minggu saat disimpan di dalam kulkas. Kalau Ibu ingin persiapan yang lebih cepat saat memasak, Maggi sangat merekomendasikan tips satu ini. Jadi, setiap akan memasak, Ibu tinggal cuci dan iris bawangnya, deh. Nggak perlu repot kupas kulit bawang lagi.

 

4. Tambahkan Minyak ke Dalam Bawang Cincang

Trik terakhir dari Maggi ini bisa Ibu terapkan untuk menyimpan bawang putih. Ibu bisa menambahkan minyak sayur ke dalam wadah penyimpanan bawang putih yang sudah dikupas dan cacah. Dengan cara ini, bawang putih bisa awet disimpan selama beberapa minggu. Selain tahan lama, minyak rendaman bawang putih tersebut bisa Ibu gunakan untuk memasak.

 

Baca Juga: Rahasia Bikin Kering Tempe Kriuk & Awet Disimpan ala Maggi

 

Dengan menerapkan trik di atas, Ibu bisa menyimpan bawang selama beberapa minggu untuk diolah menjadi bumbu dasar berbagai masakan favorit keluarga. Nah, supaya masakannya nanti lezatnya beda, jangan lupa tambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam ke bahan masakan bersama bawang-bawangan, ya.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dipakai memasak, butiran granule-nya akan mengeluarkan aroma gurih dan rasa lebih sedap secara perlahan. Semoga tips dari Maggi di atas dapat membantu Ibu menyimpan bawang lebih tahan lama sekaligus menghemat, ya. Selamat mencoba!