Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

7 Trik Bikin Ayam Goreng Tepung Renyah & Gurih

Ayam goreng tepung yang renyah dan gurih umumnya jadi favorit banyak anak, terutama saat makan di luar rumah. Anak Ibu juga mungkin kangen makan ayam goreng ini karena sudah lama aktivitas di luar rumah dibatasi. Jadi, kenapa nggak bikin sajian serupa di rumah menggunakan penyedap rasa ayam? Kalau tahu triknya, Ibu bisa kok, bikin ayam goreng tepung selezat bikinan chef di restoran atau kafe. Yuk, cari tahu caranya!

1. Marinasi Ayam dengan Baik agar Bumbu Meresap

image

Sebelum memastikan kerenyahan kulit ayam goreng tepung yang Ibu bikin, pastikan rasanya lezat. Jadi, Ibu perlu marinasi daging ayamnya terlebih dulu supaya nggak hanya lezat kulitnya, tapi juga dagingnya.

Caranya, rendam ayam dalam campuran bawang merah dan bawang putih halus, serta penyedap rasa ayam seperti Maggi Magic Lezat Rasa Ayam selama 15-30 menit. Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dipakai untuk marinasi, butiran granule-nya akan meresap ke dalam daging ayam sehingga rasanya lebih gurih dan bikin ayam goreng Ibu lezatnya beda.

2. Manfaatkan Air Es sebagai Bahan Adonan

image

Tips kedua yang bisa Ibu terapkan adalah menggunakan air es sebagai bahan adonan. Caranya, siapkan tepung secukupnya dalam satu wadah, tambahkan bumbu penyedap rasa ayam, kemudian aduk rata. Setelah itu, bagi adonan ke dalam dua wadah, yaitu untuk adonan cair dan kering. Nah, air es ini ditambahkan ke dalam bahan adonan cair, Bu. Kenapa perlu pakai air es? Alasannya, semakin dingin suhu air yang digunakan, semakin tahan lama tekstur kriuk ayam gorengnya bertahan, Bu.

3. Gunakan Putih Telur Kocok

image

Cara lainnya, Ibu bisa menggunakan putih telur yang dikocok lepas sebagai bahan adonan cair. Putih telur bisa membuat tepung lebih menempel pada ayam, sehingga kulit ayam goreng tepung yang Ibu buat nggak mudah lepas dari dagingnya. Sementara kalau Ibu pakai telur ayam utuh, ayam goreng tepung Ibu justru bisa melempem dan nggak kriuk.

4. Pilih Jenis Tepung yang Tepat

image

Selain pakai putih telur atau air es, Ibu juga perlu memilih jenis tepung dan penyedap rasa ayam yang tepat. Sebagai rekomendasi, sebaiknya gunakan tepung terigu karena bisa bikin kulit ayam lebih renyah. Jenis tepung yang perlu Ibu hindari adalah tepung beras karena hanya akan memberikan tekstur renyah saat baru matang. Kalau sudah dingin, ayam goreng Ibu justru jadi keras.

Resep Ayam Katsu Geprek Sambal Bawang

Tahun baru, resep baru. Bikin Ayam Katsu Geprek Sambal Bawang ala Maggi yuk, Bu. Kalau biasanya Ibu pesan menu ini di restoran, ternyata resep ini mudah di bikin di rumah lho. Yuk, cek resepnya di bawah!

5. Lapisi Ayam dengan Adonan Cair-Kering Dua Kali

image

Kalau sudah memilih tepung terigunya, saatnya bikin adonan cair dan kering. Adonan cair biasanya terbuat dari tepung terigu yang diencerkan, ditambah bumbu halus, dan penyedap rasa ayam. Sementara adonan kering biasanya hanya terdiri dari tepung terigu.

Nah, sebelum dicelupkan ke dalam minyak goreng segar yang sudah panas, Ibu cukup melapisi ayam dengan tepung sebanyak dua kali, ya. Pertama, lapisi dengan adonan cair, baru dibalut adonan kering. Dengan begitu, tepungnya nggak akan terlalu tebal dan menggumpal. Tepung yang terlalu tebal akan menyerap minyak lebih banyak dan bikin ayam goreng tepung Ibu alot saat dingin.

6. Goreng dengan Cara Deep-Fry

image

Tahukah Ibu, restoran franchise umumnya memasak ayam goreng tepung dengan metode deep-fry. Apa itu cara masak deep-fry? Ini adalah teknik memasak dengan minyak goreng yang banyak dan panas sehingga seluruh ayam goreng tepung terendam di dalamnya. Cara masak ini membuat kulit ayam renyah dan dagingnya matang dengan cepat serta merata. Kalau mau mencoba teknik memasak ini, Ibu bisa pakai panci berdiameter kecil supaya ayam benar-benar terendam minyak saat dimasak. Pastikan pakai minyak goreng segar dan suhunya benar-benar panas sebelum ayamnya digoreng ya, Bu.

7. Goreng dengan Cara Double-Fry

image

Nah, kalau Ibu ragu-ragu mencoba metode deep-fry, mungkin bisa coba cara masak double-fry. Caranya, goreng ayam dengan minyak segar hingga setengah matang. Lalu, tiriskan selama 30-60 detik, dan lanjut goreng kembali hingga matang. Dengan begitu, ayam goreng tepung yang Ibu buat bisa matang merata dan renyah.

Baca Juga: 5 Cara Praktis Pilih Ayam untuk Sajian Lezat & Sehat di Hari Libur

Itu tadi tujuh tips bikin ayam goreng tepung renyah yang pasti disukai anak. Supaya rasanya lebih gurih, jangan lupa tambahkan penyedap rasa ayam dari Maggi ke dalam masakan Ibu, ya!

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dipakai untuk memasak, butiran granule dalam penyedap rasa ayam ini akan memberikan rasa gurih dan aroma sedap yang bikin ayam goreng tepung Ibu lezatnya beda!

Dari tujuh cara di atas, apakah Ibu pernah mencoba salah satu atau beberapa triknya? Kalau belum, selamat mencoba, ya.