Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Perkedel tahu adalah salah satu makanan enak yang bisa Ibu bikin pakai bahan yang gampang didapatkan dan bisa jadi alternatif konsumsi tahu yang beda. Nggak heran, menu satu ini jadi makanan favorit banyak keluarga. Tapi, memasak perkedel ada tantangannya sendiri, seperti tekstur yang alot dan gampang hancur atau pecah waktu digoreng. Biar bisa bikin perkedel yang lembut tapi nggak gampang pecah, yuk simak tips dan cara buat perkedel tahu berikut!

1. Langsung Olah Tahu yang Baru

shutterstock

Memilih bahan dasar yang tepat adalah cara buat perkedel tahu pertama yang perlu dicatat, Bu. Pastikan Ibu pakai tahu putih yang baru dibeli di pasar, ya. Tahu yang baru teksturnya bakal lebih lembut daripada tahu yang sudah disimpan di kulkas sebelumnya. Lalu, sebagai alternatif, Ibu juga bisa pakai jenis tahu sutra yang bakal tetap lembut meskipun sudah disimpan di kulkas.

2. Hancurkan Tahu dan Peras Airnya

shutterstock

Salah satu penyebab yang bikin tahu gampang hancur atau pecah saat digoreng adalah kandungan airnya cukup banyak. Makanya, Ibu perlu menghancurkan tahu yang sudah disiapkan dan peras sampai airnya berkurang. Cara perasnya bisa pakai alat apa saja yang ada di rumah, kok. Mulai dari saringan santan hingga kain saringan nasi.

3. Tambahkan Telur sebagai Perekat Adonan

shutterstock

Masalah yang sering muncul waktu bikin perkedel adalah mudah hancur atau pecah saat digoreng, betul nggak Bu? Nah, cara mencegah perkedel tahu supaya nggak mudah hancur bisa dengan menambahkan telur ke adonan. Telur berfungsi sebagai perekat yang bikin adonan lebih kental dan nggak gampang pecah waktu dimasak.

4. Campurkan Tahu dengan Tepung Terigu dan Hindari Bahan Berlemak

shutterstock

Cara buat perkedel tahu selanjutnya adalah mencampur tepung terigu ke adonan dengan perbandingan 2 sendok makan tepung (16 gram) untuk setiap 1 buah tahu putih besar. Jumlahnya bisa disesuaikan sama porsi yang bakal Ibu buat, ya! Kalau ingin dapat hasil perkedel yang nggak gampang hancur atau pecah, sebaiknya hindari menambahkan terlalu banyak bahan berlemak ke adonan perkedel tahu Ibu, seperti mentega atau daging.

Resep Perkedel Mie

Masak apa ya, besok? Bikin camilan untuk anak yuk, Bu! Kali ini, Ibu bisa pakai bahan favorit hampir setiap anak: mie! Perpaduan sayuran, kentang, dan mie telur bisa dijadikan Perkedel Mie yang tak hanya lezat tapi juga mudah disantap. Yuk, coba resepnya!

5. Tambahkan Bumbu Supaya Gurih

banner

Supaya rasa perkedel Ibu gurih dan lezat, tambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam ke dalam adonan perkedelnya. Maggi Magic Lezat Rasa Ayam mengandung ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Butiran granule-nya akan mengeluarkan rasa gurih dan aroma sedap secara perlahan saat adonan perkedel dimasak. Yup, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam memang nggak hanya cocok untuk masak olahan ayam, tapi juga olahan tahu seperti perkedel. Jadi, segera dapatkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, juga di pasar terdekat ya, Bu.

6. Simpan Adonan di Dalam Kulkas

banner

Kalau adonan sudah tercampur, simpan di dalam kulkas selama 15 sampai 30 menit sebelum dimasak supaya adonannya lebih lengket. Tujuannya tentu supaya saat dimasak adonan perkedel nggak hancur atau pecah. Selain itu, menyimpan adonan di kulkas juga bikin perkedel tahu bisa disimpan sampai 1 minggu, lho Bu!

7. Bukan Goreng, Tapi Panggang Adonan Perkedel Tahu

shutterstock

Biasanya, perkedel memang digoreng terlebih dulu sebelum disantap. Tapi, Ibu juga bisa lho, memanggang perkedel tahu daripada menggorengnya. Risiko perkedel tahu hancur jadi lebih kecil kalau dipanggang. Selain itu, perkedel juga jadi lebih sehat karena nggak menggunakan minyak.

Nggak punya oven? Nggak perlu khawatir, Bu. Ibu bisa kok, memanggang perkedel pakai teflon. Gunakan api kecil saat memanggang di teflon supaya nggak cepat gosong, ya.

Itulah cara buat perkedel tahu yang lembut dan nggak mudah hancur. Resep ini cocok banget dicoba untuk menyiapkan hidangan lauk keluarga dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Cobain yuk, Bu!