Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Trik Bantu Anak Suka Makan Sayur

Enaknya masak apa ya besok biar anak mau makan sayur?” Mungkin pertanyaan itu sering muncul di benak Ibu. Wajar kok, Bu, mengingat anak butuh asupan zat gizi yang terkandung dalam sayuran. Oleh karena itu, saat anak tidak suka makan sayur, tentu harus ada trik yang dilakukan. Selain mendapatkan contoh mengonsumsi sayur setiap hari dari kedua orangtuanya, Ibu bisa melakukan trik berikut.

1. Masak Sayuran Jadi Beda

image

Cara pertama yang bisa Ibu coba adalah memasak sayurannya jadi beda. Misalnya, ketika Ibu berencana masak bayam hari ini, cobalah untuk mengolahnya menjadi keripik daripada sayur bayam biasa, seperti Keripik Bayam Kriuk ala Maggi. Di satu sisi, anak bisa mengonsumsi sayuran dengan cara lebih menarik, baik secara tekstur maupun tampilan. Di sisi lain, ia juga bisa mulai membiasakan diri dengan rasa sayurannya. Cara ini juga bisa Ibu lakukan pada jenis sayuran lainnya, seperti wortel atau terong.

2. Padukan dengan Lauk atau Makanan Kesukaannya

image

Cara kedua yang bisa Ibu lakukan adalah memadukan sayuran pilihan Ibu dengan lauk atau makanan kesukaannya. Cara ini bisa jadi pilihan saat Ibu sering bertanya-tanya enaknya masak apa ya besok supaya anak mau makan sayur. Misalnya, salah satu makanan favorit anak adalah daging. Nah, Ibu bisa masak Tumis Brokoli Daging ala Maggi. Sebagai permulaan, Ibu bisa perbanyak porsi daging cincang ketimbang brokoli. Jika anak sudah mulai terbiasa dengan aroma dan perpaduan rasanya, pelan-pelan perbanyak jumlah brokoli dalam menu tersebut.

Resep Keripik Bayam ala Maggi

Bayam tak hanya bisa diolah menjadi sayur berkuah maupun tumisan, tapi juga keripik yang kriuk! Yuk, intip resep masakan praktis dan enak, Keripik Bayam Kriuk, untuk teman makan nasi maupun camilan keluarga saat nonton tv.

3. Selipkan dalam Menu Makanan Utama

image

Cara lain untuk membuat anak mau makan sayur adalah menyelipkannya dalam menu makanan utama. Misalnya, saat Ibu berencana mengolah ayam untuk menu makan siang, cobain deh, resep Ayam Gulung Wortel Keju dari Maggi. Jadi, saat makan ayamnya, anak juga ikut menyantap wortel di dalamnya. Cara ini juga bisa Ibu pakai saat bikin telur dadar untuk sarapan. Masukkan beberapa jenis sayuran cincang ke dalam kocokan telur, lalu goreng, deh.

4. Kombinasikan dengan Makaroni

image

Enaknya masak apa ya besok supaya anak mau makan sayur? Cobain deh, buat olahan dari makaroni seperti Sup Makaroni Kaldu Ayam. Anak biasanya suka makan makaroni karena bentuknya unik dan teksturnya kenyal. Jadi, bahan makanan ini bisa Ibu manfaatkan sebagai trik agar anak mau makan sayuran. Selain dibuat sup, Ibu juga bisa bikin jadi muffin seperti Makaroni Tahu Muffin, lalu tambahkan sayur cincang ke dalam adonannya.

Baca Juga: Begini Cara Mengenalkan Masakan Pedas ke Anak

Nah, selain mencoba empat cara di atas, pastikan juga Ibu nggak memaksa anak makan sayur, ya. Kenapa? Semakin dipaksa, biasanya semakin kecil pula kemungkinan anak mau memakan sayurannya. Jadi, Ibu bisa melakukan pendekatan dengan cara lebih halus. Misalnya, bertanya langsung, “Adik, enaknya masak apa ya besok ? Dengan begitu, anak dapat memilih sendiri sayuran dan lauk lain yang akan dimakan. Ibu juga bisa menawarkannya ikut membantu memasak. Lalu, saat memasak, tunjukkan bahwa sayuran bisa diolah jadi makanan yang lezatnya beda. Salah satu caranya adalah menambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam ke dalam masakan.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Saat dimasak bersama sayuran, butiran granule-nya akan melepaskan aroma sedap dan rasa gurih secara perlahan. Jadi, olahan sayur yang dimasak pun nggak hanya terasa lezat, tapi juga tercium harum sehingga anak lebih berselera menyantap sayurnya.

Semoga tips di atas bisa bantu Ibu memutuskan enaknya masak apa ya besok supaya anak mau makan sayur, ya.