Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Apakah Ibu rutin menyiapkan bekal kerja keluarga, termasuk untuk diri sendiri? Ini merupakan kebiasaan yang baik Bu, sebab selain bisa jadi cara berhemat yang efektif, bawa masakan untuk bekal kerja juga lebih terjamin kebersihan serta gizinya. Sayangnya, menyiapkan bekal di pagi hari cukup menantang, karena Ibu perlu bangun lebih pagi untuk memasak. Tapi, Ibu nggak perlu khawatir. Maggi punya tips menyiapkan bekal dengan cepat dan bergizi untuk keluarga. Yuk, simak! 

1. Tentukan Menu Sejak Semalam

image

Ketika sibuk melakukan rutinitas di pagi hari, ada kemungkinan Ibu nggak sempat memikirkan menu bekal lezat dan bergizi seperti apa yang sebaiknya disiapkan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Ibu tentukan menu masakan untuk bekal kerja sejak semalam. Cara ini cukup efektif dan bisa menghemat waktu, Bu. Apalagi, jika Ibu memutuskan menyiapkan menu yang perlu dimarinasi terlebih dulu atau perlu mencairkan bahan makanan yang ada di freezer. Kalau bingung menentukan menu untuk bekal besok, Ibu bisa cari referensi resep Maggi ddi sini sehari sebelumnya.

2. Lakukan Food Preparation

image

 

Salah satu faktor yang bikin memasak berlangsung lama adalah proses persiapannya. Mulai dari membersihkan dan memotong sayuran serta lauk, mengupas bawang-bawangan, hingga menghaluskan bumbu. Nah, supaya di pagi hari Ibu tinggal menyalakan kompor dan memasak, ada baiknya proses ini dilakukan di malam hari. Jadi, keesokan paginya, Ibu cukup mengeluarkan bahan-bahan masakan yang sudah disiapkan dari dalam kulkas dan langsung memanaskan wajan.

Supaya bahan-bahan yang Ibu siapkan tetap terjaga kebersihan dan kandungan gizinya, sebaiknya simpan bahan makanannya di dalam wadah kedap udara dan pisahkan sesuai jenis bumbu atau bahannya. Misalnya, kalau pagi-pagi Ibu berencana bikin terong balado ikan teri, Ibu perlu menyiapkan wadah untuk bumbu halus, terong yang sudah dibersihkan namun belum dipotong, dan teri di tempat terpisah.

3. Siapkan Makanan Siap Masak untuk Jaga-jaga

image

Ada baiknya jika Ibu selalu menyimpan makanan siap masak di kulkas untuk berjaga-jaga. Misalnya, Ibu bangun kesiangan atau nggak sempat menyiapkan dan memikirkan menu masakan untuk bekal kerja dari semalam. Kalau Ibu punya stok makanan siap saji seperti ayam ungkep atau nugget buatan sendiri, Ibu cukup menggorengnya di pagi hari. Dijamin praktis dan tetap bergizi, Bu!

Nugget Ikan

"Masak apa ya, besok?" Daripada bingung, Ibu bisa mengolah ikan dan sayur jadi Nugget Ikan ala Maggi Magic Penyedap Rasa, lho. Lebih terjamin kesegaran bahannya, dan tanpa bahan pengawet.

4. Masak Nasi Sebelum Tidur

image

Proses bikin masakan untuk bekal kerja di pagi hari sudah bisa dipersingkat dengan tips sebelumnya. Lalu, bagaimana dengan nasinya? Ibu mungkin sudah tahu ya, bahwa proses memasak di rice cooker membutuhkan waktu 20-35 menit, tergantung jumlah beras dan airnya. Jadi, akan fatal kalau Ibu lupa memasak nasi saat bangun tidur, atau lupa memencet tombol cook. Lalu, gimana solusinya?

Ibu bisa memasak nasi sebelum tidur. Umumnya nasi bisa disimpan dalam mode warm di rice cooker selama 11-12 jam. Jadi, kalau misalnya Ibu memasak nasi jam 10 malam, dan sudah menyiapkan bekal jam 5 pagi, secara teori nasi tersebut masih baik untuk dikonsumsi. Meski demikian, memasak nasi segera di pagi hari tentu lebih direkomendasikan karena kandungan gizinya belum berkurang banyak.

5. Pilih Menu Simpel dan Lezat

image

Guna menghemat waktu, sebaiknya pilih menu masakan untuk bekal kerja yang simpel, bergizi, dan membutuhkan waktu memasak nggak lebih dari 30 menit. Jadi, Ibu bisa melakukan hal lainnya di pagi hari dan nggak buru-buru menyiapkan masakannya.

Nah, Maggi punya banyak banget resep yang proses masaknya 30 menit atau kurang, lho. Misalnya, Buncis Krispi Bawang Putih, Karedok Bumbu Kacang, dan Terong Bakar Dabu-dabu. Ketiga masakan ini waktu masaknya cukup 20-30 menit dan pastinya lezat serta bergizi.

Ternyata, kalau tahu triknya, menyiapkan masakan untuk bekal kerja nggak ribet ya, Bu. Apalagi, kalau Ibu menambahkan Maggi Saus Tiram ke dalam masakannya, sajian Ibu akan punya rasa lezat yang beda.

Maggi Saus Tiram terbuat dari ekstrak tiram asli yang memberikan perpaduan rasa gurih dan manis yang seimbang tanpa bikin masakan Ibu jadi amis. Maggi Saus Tiram juga bisa dipakai untuk marinasi maupun dimasak langsung, lho. Saat dipakai marinasi, rasanya akan lebih meresap dan warnanya yang kecokelatan akan melekat ke bahan masakan Ibu. Saat dipakai memasak, Maggi Saus Tiram juga bikin masakan Ibu gurih manisnya beda. Apalagi, Maggi Saus Tiram nggak cuma cocok untuk masak masakan berbahan seafood, tapi juga ayam, ikan, sayur, bahkan tahu dan tempe. Masakan untuk bekal kerja yang Ibu buat pun makin bervariasi. Jadi, selamat mencoba tipsnya, ya!