Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

5 Cara Praktis Pilih Ayam untuk Sajian Lezat & Sehat di Hari Libur

Saat libur akhir minggu dan seluruh anggota keluarga sedang di rumah, Ibu tentu mau bikin sajian yang lebih spesial, seperti Garang Asem Ayam  atau Ayam Goreng Terasi. Nah, supaya masakan ayam Ibu lezatnya beda sekaligus sehat untuk seluruh anggota keluarga, ayam mentahnya harus segar, dong.

Yuk, cari tahu tips dan trik memilih ayam mentah saat belanja di pasar maupun tukang sayur. O iya, jangan lupa pakai sarung tangan ketika memilih ayam untuk meminimalkan kontaminasi, ya.

  1. Pastikan Dagingnya Padat dan Kenyal

Hal pertama yang bisa Ibu cek saat memilih ayam adalah kondisi dagingnya. Ketika daging ayam disentuh, pastikan teksturnya terasa padat dan kenyal. Saat ditekan pelan, daging ayam yang kenyal akan kembali ke bentuk semula. Jadi, hindari membeli daging ayam yang terasa lembek, berair, atau terlihat akan hancur ya, Bu.

 

  1. Perhatikan Warna Daging Ayamnya Bagus

Kayak apa sih, warna daging ayam yang bagus? Meski cuma melihat sekilas, Ibu bisa langsung mengenali daging ayam segar, lho. Ayam mentah segar atau baru dipotong biasanya berwarna putih-agak merah muda. Kalau Ibu melihat ayam berwarna putih pucat dan kebiruan, ada kemungkinan daging tersebut sudah lama dipotong dan nggak segar lagi untuk diolah menjadi masakan ayam.

 

  1. Ayam Potong Segar Hampir Nggak Berbau

Saat melihat ayam mentah dari dekat, pastikan Ibu nggak mencium bau amis yang berlebihan. Ayam mentah segar umumnya nggak amis, bahkan hampir nggak berbau. Kalaupun Ibu menciumnya, biasanya nggak menyengat atau mengganggu. Kalau daging ayam berbau menyengat, kemungkinan kualitasnya sudah menurun. Ini bisa jadi karena ayam udah dipotong dari beberapa hari yang lalu. Jadi, sebaiknya Ibu pilih daging ayam yang lain untuk diolah menjadi masakan ayam, ya.

 

  1. Cek Darah yang Keluar dari Daging Ayam

Namanya ayam potong dan mentah, pasti ada darahnya ya, Bu. Tapi, sebaiknya Ibu memilih daging ayam mentah yang mengeluarkan darah sesedikit mungkin.

Ayam mentah potong yang mengeluarkan banyak darah lebih rentan terkontaminasi bakteri. Daging ayam yang mengeluarkan darah atau cairan bisa jadi merupakan tanda bahwa dagingnya sudah dibekukan dan dicairkan beberapa kali. Masakan ayam dari bahan ini berisiko mengganggu kesehatan anggota keluarga. Padahal, Ibu tentu mau bikin masakan yang lezat, sehat, dan hemat, kan?

Baca Juga: Cobain Yuk, Resep Soto Kudus Gurih Segar Ala Maggi

Sekarang sudah nggak bingung cara memilih ayam segar di tukang sayur maupun di pasar kan, Bu? Setelah dibeli, jangan lupa cuci ayam dengan air mengalir sebelum diolah menjadi masakan ayam, ya. Lalu, supaya masakan ayam Ibu saat libur akhir minggu makin istimewa, jangan lupa tambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam saat memasak.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam dengan kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule akan mengeluarkan aroma sedap dan rasa gurih secara perlahan saat dimasak. Rasa masakan Ibu pun jadi lebih gurih dan bikin anggota keluarga makin lahap. Apalagi, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam nggak cuma cocok untuk masak ayam goreng atau kukus, tapi juga olahan ayam yang ditumis maupun dibikin sup. Jadi, Ibu bebas berkreasi untuk bikin masakan ayam yang lezatnya beda.